Persiapan Pemilu 2024, Rakor Politik Se-Provinsi Jambi Dipimpin Langsung Oleh Gubernur Al Haris

ADVERTORIAL, JAMBI152 Dilihat

Kopashas.com – Persiapan pemilu 2024, rakor politik Se-Provinsi Jambi dipimpin langsung oleh Gubernur Al Haris. Agenda yang di selenggarakan pada Kamis 1/2, yang bertempat di Golden Harvest Hotel. Rakor ini mengusung tema “Sinergitas Pemerintah Daerah dan Penyelenggara Pemilu dalam menyukseskan pemilu serentak 2024”. Di ketahui bahwa penyelenggaraan acara ini adalah Kesbangpol Provinsi Jambi.

Di dampingi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Gubernur Al Haris membuka dan memimpin langsung rakor politik se-Provinsi Jambi. Selain itu, turut hadir Komisioner KPU Provinsi Jambi, dan Polda Jambi. Dan acara ini di ikuti oleh 75 orang yang terdiri dari unsur Bupati/Walikota Se-Provinsi Jambi, Ketua KPU kabupaten/Kota. Juga Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota, Perangkat yang membidangi Politik dan Forum Agama dan Kemasyarakatan.

Selanjutnya, dalam sambutannya ia menyampaikan terkait dinamika pemilu yang mengalami perbedaan di setiap tahunnya. Perbedaan yang di mulai dari masyarakat hingga elit politik termasuk juga penyelenggara yang merupakan satu kesatuan elemen yang tak terpisahkan satu sama lain.

“Kita harus terus bersinergi dalam menyiapkan dan menyukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Jambi. Apalagi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif akan di laksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, tinggal 13 hari lagi, waktu yang tidak lama lagi,” kata Gubernur Al Haris.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan tentang salah satu poin penting dalam keberhasilan pemilu dan Pilkada serentak. Indikator utama tersebut ialah tingkat partisipasi pemilih.

BACA JUGA: Ketua TP PKK Jambi Hesti Haris Beri Pesan Untuk Pemilu 2024

Di ketahui bahwa pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 jumlah partisipasi pemilih secara nasional 76,09%. Dan angka ini masih di bawah target dalam RPJMN 2015-2019 sebesar 77,5%.

“Harapan kita bersama agar kesuksesan pencapaian target partisipasi pemilih dapat terulang atau lebih tinggi pada pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024. Target tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada tahun 2024 dalam RPJMN 2020-2024 sebesar 79,5%. Indikator selanjutnya dalam mengukur sukses Pemilu dan Pilkada adalah situasi tertib dan tentram dalam pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024,” ungkap Gubernur Al Haris.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa pada tahun 2024 ini akn menjadi Pemilu kolosal pertama di dunia. Hal ini di sebabkan karena Pemilu dan Pilkada akan di lakukan pada waktu bersamaan di tahun tersebut.

Sehingganya besar harapan pemerintah untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada melalui peningkatan partisipasi politik.

“Dalam rangka sukses Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 tentu saja di butuhkan dukungan pemerintah dan pemerintah daerah. Yaitu Fasilitasi dukungan regulasi dan anggaran Pilkada, Peran aktif Kesbangpol dalam setiap tahapan, Menjaga stabilitas politik dan keamanan. Sosialisasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada, dan Penguatan fungsi komunikasi dan teknologi,” jelas Gubernur Al Haris.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga berpesan dalam upaya meningkatkan kesiapan untuk menyelenggarakan Pemilu. Pesan Gubernur tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, Pastikan data final DPT (Daftar Pemilih Tetap) di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi. Kedua, Kotak suara, kertas suara, tinta, dan seluruh logistik Pemilu agar di distribusikan dan sampai ditempat tujuan tepat waktu. Ketiga, Pastikan semua petugas untuk penyelenggaraan Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah terpenuhi jumlahnya. Keempat, Pastikan Tim Pengamanan siap untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu, sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dalam Prosedur Pengamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *