Gubernur Al Haris Terus Fokuskan Pemprov Jambi Dalam Penanganan Stunting

GAYA HIDUP, JAMBI147 Dilihat

Kopashas.com, Jambi – Gubernur Al Haris terus fokuskan pemprov jambi dalam penanganan stunting. Hal ini di sampaikan olehnya saat membuka Seminar Nasional Persatuan Ahli Gizi Indonesia. Kegiatan ini bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (4/2).

Dalam seminar tersebut mengusung tema “Cegah Stunting dengan Konsumsi Protein Bersumber Kearifan Lokal“.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi Tahun 2021–2026. Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Melalui Visi Jambi Mantap yakni Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul. Di mana hal tersebut memerlukan dukungan, baik dari sisi pendidikan, kesehatan. Maupun terpenuhinya asupan gizi yang memiliki keterkaitan satu dengan lainnya,”katanya.

Stunting Sebagai Salah Satu Isu Prioritas

Kemudian ia juga menyatakan bahwa pemerintah terus berupaya melaksanakan beberapa program strategis. Terkait dengan penanganan permasalahan pencegahan dan penanganan stunting. Karena stunting dapat menyebabkan turunnya kualitas SDM, produktivitas dan daya saing, secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Pada tahun 2023, Provinsi Jambi akan berkonsentrasi pada penanganan stunting untuk mendukung program prioritas nasional.

“Pemerintah telah menetapkan stunting sebagai salah satu isu Prioritas Nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Dengan target penurunan yang signifikan, dari kondisi 24,4% pada tahun 2021 menjadi 14% pada tahun 2024. Provinsi Jambi memiliki presentase stunting tahun 2021 sebesar 22,4%, lebih rendah dari angka Nasional. Dan memiliki target menjadi 12% pada tahun 2024. Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia Tahun 2022, Provinsi Jambi berhasil menurunkan stunting. Sebesar 4,4%, dari 22,4% pada tahun 2021 menjadi 18% pada tahun 2022,” paparnya.

“Perlu dukungan dan peran serta masyarakat, di antaranya melalui organisasi-organisasi profesi salah satunya Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI). Dengan mengoptimalkan peran dan kiprahnya dalam mendukung program-program Pemerintah. Salah satunya adalah melakukan penelitian terkait keanekaragaman sumber protein yang berasal dari pangan kearifan lokal,” tambahnya.

Gubernur Al Haris berharap seminar nasional ini akan meningkatkan kualitas generasi bangsa, khususnya generasi muda Provinsi Jambi. Dengan memberikan rekomendasi dan langkah-langkah strategis untuk mempercepat penurunan stunting di Provinsi Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar