Efek Ekor Jas Al Haris Disebut Jadi Faktor Kemenangan PAN di Pileg DPRD Jambi, Ini Kata Wo Haris

Uncategorized79 Dilihat

Kopashas.com, Jambi – Efek Ekor Jas Al Haris Disebut Jadi Faktor Kemenangan PAN di Pileg DPRD Jambi. Sebagai pemenang Pemilu Legislatif di DPRD Provinsi Jambi, posisi Partai Amanat Nasional (PAN) tampaknya tidak berubah. Kader partai Matahari biru ini secara otomatis akan menjabat sebagai ketua DPRD jika memiliki setidaknya sepuluh kursi.

Kemenangan ini banyak dikaitkan dengan sosok Al Haris yang terkenal, yang menjadi lebih terkenal setelah menjabat sebagai Gubernur Jambi sejak 7 Juli 2021. Selain itu, kekuatan Al Haris sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN Provinsi Jambi sangat kuat.

Dengan kata lain, calon DPRD Provinsi Jambi terpilih, Bungo-Tebo Ansori, mengakui langsung efek ekor jas Gubernur Al Haris, yang menghasilkan peningkatan perolehan suara PAN menjadi Ketua DPRD.

“Realitanya memang karena efek atau pengaruh nama besar Gubernur Al Haris. Lantaran visi misi yang disampaikan oleh Gubernur sebelumnya berjalan pada program Pemprov Jambi,” ujar Ansori

Selain itu, Ansori mengatakan bahwa komunikasi ke masyarakat yang dilakukan Haris efektif dan tepat sasaran, berdampak pada partai.

“Apalagi tandem tangan dingin wo Haris sebagai Ketua MPP DPW dan Ketua DPW H.Bakri sangat pas. Karena dalam penentuan Caleg PAN di Jambi beliau berdua ini yang punya pemikiran, jadi sudah terseleksi langsung di tahapan awal, ini karena sangat banyak peminat caleg PAN dan sudah lewat seleksi ketat,”  Ungkapnya.

“Ini berkat tangan dingin beliau, sehingga PAN memiliki kader yang berkualitas dan layak dijual sehingga dipilih masyarakat,” Sambungnya.

Tanggapan Wo Haris

Gubernur Jambi Al Haris menjawab dengan merendahkan dan tidak sombong ketika ditanya tentang pengaruh dirinya dalam kemenangan PAN di DPRD Provinsi Jambi. Terlepas dari kenyataan bahwa kemenangan PAN dalam Pileg Provinsi belum pernah terjadi sebelumnya.

“Ini nasib baik saja, dewi fortuna saja sebetulnya,”Jawab Haris

Namun demikian, Al Haris tidak memberikan informasi tentang penghitungan sementara yang menunjukkan bahwa PAN berada di posisi tertinggi di DPRD Provinsi Jambi.

“Kita berterimakasih banyak atas kepercayaan publik kepada PAN. Dimana terakhir saya dapat informasi PAN ada 10 kursi di DPRD Provinsi Jambi, tetapi kita tetap menunggu penghitungan resmi yang diumumkan KPU nantinya,” ucapnya.

Bahkan Al Haris menyatakan bahwa dia berencana untuk menyampaikan pesan khusus kepada kader PAN yang terpilih di tingkat Provinsi.

“Artinya kami partai PAN akan lebih maksimal dalam bekerja. Apalagi teman-teman terpilih saya akan meminta mereka bekerja tunjukkan dedikasi mereka untuk daerah Jambi,” harap Al Haris.

Jumlah peraih kursi Dewan dari PAN di setiap kabupaten dan kota sangat besar. Mereka adalah salah satu suara terbanyak di kabupatennya dan merupakan suara penting. Untuk Dapil Kerinci-Sungai Penuh, Afuan Yuza Putra memimpin suara. Dan di Dapil Bungo-Tebo ada Ansori.

Selain itu, Dapil ini menyumbang dua nama, yaitu Hafiz Fattah memimpin dengan suara terbanyak dari Dapil Muaro Jambi-Batanghari.  Dan Ririn Novianty, yang merupakan anggota parlemen Provinsi Jambi.

Dua anggota baru dari Dapil Kota Jambi, Zulkifli Linus dan Rusli Kamal Siregar, petahana dewan dari periode sebelumnya, masing-masing mendapatkan kursi.

BACA JUGA : Gubernur Al Haris Gelar Sosialisasi Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 Pilar Tingkat Provinsi Jambi

Terdapat tiga kursi dari Dapil Tanjabbar-Tanjabtim, yaitu Bima Audia Pratama, M. Adib Mubarak, dan Arpin Siregar.

Caleg Al Kausari menerima kursi tambahan dari Dapil Sarolangun-Merangin.

Program dan kharisma Gubernur Al Haris menunjukkan dominasi PAN.

Efek ekor jas, juga disebut sebagai efek ekor jas adalah istilah umum yang merujuk pada hasil yang dicapai oleh suatu pihak dengan melibatkan tokoh penting atau terkenal, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam suatu perhelatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar