Bersama Rocky Gerung, Al Haris Resmi Di Lantik Menjadi Pengurus Pusat FPTI

ADVERTORIAL, NASIONAL152 Dilihat

Kopashas.com –  Al Haris, Gubernur Jambi di lantik menjadi Pengurus Pusat FPTI bersama Rocky Gerung. Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengukuhkan dan melantik Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP.FPTI). Masa bakti 2023 – 2027, Bertempat di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin (4/3/2024).

PP FPTI di ketuai oleh Dra. Zannuba Arifah CH. R atau Yenny Wahid dengan pengurus diantaranya, Al Haris sebagai Pembina. Bersama putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Rocky Gerung sebagai salah satu ketua bidang.

“Alhamdulillah saya di lantik menjadi pengurus pusat FPTI. Target emas pada Olimpiade adalah harga mati untuk cabor ini, Insya Allah terwujud,” Tutur Al Haris yang dikutip dari Ignya, Selasa (5/3/2024).

BACA JUGA : Edi Purwanto: Jelang Puasa, Kita Minta Pemerintah Kawal Stok dan Distribusi Bahan Pokok

Saat pelantikan, Marciano menyatakan bahwa prestasi panjat tebing Indonesia sangat membanggakan, terutama pada bidang nomor speed putra.

Sembilan rekor dunia Men’s speed teratas di kuasai atlet Indonesia, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin. Beberapa prestasi dunia lainnya juga telah di raih atlet panjat tebing Indonesia, seperti, yaitu 2 Emas, 2 Perunggu pada International Federation Of Sport Climbing (IFSC) Rock Climbing Word Cup 2023, 1 Emas, 2 Perak, 2 Perunggu pada Asian Games Hangzou, 2 Emas, 1 Perak, 2 Perunggu pada Internasional Federation Of Sport Climbing (IFSC) Master Neom 2023,

“Dua atlet panjat tebing Indonesia, yakni Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi telah mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024,” jelasnya.

Adi Mulyono mendapatkan tiket multievent akbar sejagad usai meraih medali emas IFSC Climbing Asian Qualifer 2023 di Jakarta, dan sebelumnya Desak Made Rita Kusuma Dewi telah terlebih dulu amankan tiket Olimpiade Paris 2024 pada IFSC di Korea Selatan Tahun 2022.

BACA JUGA : Gubernur Jambi Hadiri Rakor Pengamanan Pangan Jelang Ramadhan dan Lebaran 2024.

Dengan bukti prestasi panjat tebing yang membanggakan Indonesia di seluruh dunia. Di harapkan atlet panjat tebing Indonesia dapat mendapatkan medali untuk mendukung partisipasi Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

“Tradisi medali emas yang selama ini disumbangkan bulu tangkis, kali ini panjat tebing punya peluang besar,” ujar Marciano.

Lanjutnya, Atlet panjat tebing Indonesia selalu membuat kita bangga akan prestasinya, baik tingkat ASEAN, Asia hingga dunia.

 “Sebentar lagi Olimpiade Paris 2024, kita optimis prestasinya lebih baik lagi,” terang Marciano optimistis.

Menpora Dito Ariotedjo juga menyampaikan harapan yang sama.

“Saat ini sudah dua atlet panjat tebing yang lolos, kita doakan agar bertambah dan pulang membawa medali emas,” katanya.

“Saat ini kami di Kemenpora sangat berharap FPTI akan mempersiapkan para atletnya,” sebut Menpora. Sambil menegaskan panjat tebing menjadi salah satu cabor tulang punggung yang di harapkan pada Olimpiade mendatang.

Selain itu, Marciano juga berharap FPTI mempersiapkan atlet-atlet yang siap menjadi suksesor para atlet panjat tebing berprestasi dunia saat ini atau dengan kata lain memperhatikan regenerasi.

Oleh karenanya, Ketum KONI Pusat berpesan agar tata kelola organisasi FPTI di tingkatkan lagi kualitasnya sehingga dapat melaksanakan program yang membuahkan prestasi.

BACA JUGA : Gubernur Al Haris dan Kadisdik Tinjau Langsung Pelaksanaan PPDB di SMAN Titian Teras

“Tata kelola organisasi harus di tingkatkan, pembinaan dan sosialisasi panjat tebing juga di gencarkan agar selalu menjadi cabor unggulan yang membuat Indonesia bangga. Karena mendapat tempat terhormat dan mulia dari single/multi event internasional yang di ikuti atletnya,” kata Marciano.

Secara khusus, Ketum KONI Pusat menyinggung agar PP.FPTI mempersiapkan pertandingan panjat tebing sebaik-baiknya pada multievent akbar nasional, Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024.

Pemecahan rekor para atlet panjat tebing, tidak akan di akui apabila venue yang telah di siapkan belum memenuhi standar internasional. Di sisi lain, pengurus provinsi FPTI harus mempersiapkan atlet-atletnya dengan maksimal.

“Saya berharap pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara 2024. Akan muncul atlet-atlet muda dari FPTI yang menjadi pelapis atlet-atlet senior kita yang sekarang di persiapkan untuk Olimpiade,” Tutup Ketum KONI Pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar